Sebuah pertanyaan, yang setiap hari ditunggu-tunggu oleh PTK yang sudah memenuhi syarat mengajukan NUPTK. Sampai tulisan ini dimuat kami belum mendapatkan jawaban dari dinas terkait perihal cara dan mekanisme baru tentang Pengajuan NUPTK. Untuk lebih jelasnya adalah marilah kita simak artikel dari saudara kita di www.simptikapati.com. Mudah-mudahan mendapat pencerahan, kalau memang NUPTK sulit tidak masalah dengan NPTK juga asal berguna bagi PTK untuk tunjangan fungsional, sertifikasi dan manfaat lainnya. Bukan begitu ........? Silahkan lanjutkan bacanya.

Bagaimana Cara Pengajuan NUPTK Baru di Simpatika 

Bagaimana cara mengajukan NUPTK baru di Simpatika?, demikian salah satu pertanyaan yang kerap terlontar, terutama oleh PTk yang masih menyandang status PegID.
Kapan PegID dapat melakukan pengajuan NUPTK baru? Kenapa menu NUPTK Baru atau S06 tidak ada lagi di Simpatika dan kapan dimunculkan kembali?
Apa syarat untuk mengajukan NUPTK baru dan bagaimana prosedurnya?
Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan senada, baik yang ditanyakan kepada Admin www.simpatikapati.com maupun di berbagai forum terkait Simpatika.
Terakhir kali Simpatika (saat itu masih bernama Padamu Negeri) melayani pengajuan NUPTK baru adalah pada pertengahan 2015. Setelahnya, hingga sekarang belum pernah dibuka lagi pengajuan NUPTK baru.
Padahal dengan memiliki NUPTK, kemungkinan seorang PTK untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan dan peningkatan mutu dan kesejahteraan PTK semakin besar. Pencairan aneka tunjangan kesejahteraan guru biasanya mensyaratkan kepemilikan NUPTK.

Kapan Dibuka Pengajuan NUPTK Baru?

Nah ini yang menjadi pertanyaan utama para pendidik yang masih PegID.
Jawaban terhadap pertanyaan tersebut cukup mengejutkan: Terkait pengajuan NUPTK baru, Simpatika menunggu kebijakan Kementerian Agama, terutama Dirjen Pendis. Sedang Dirjen Pendis sendiri tidak ada rencana untuk melayani pengajuan NUPTK baru bagi PTK ber-PegID dalam waktu dekat ini.
Singkatnya, jangan berharap status PegID berubah menjadi NUPTK dalam waktu dekat, setidaknya sampai akhir tahun 2016.
Lho, kok.
Simpatika (dulu Padamu Negeri) tidak dipergunakan lagi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Padahal yang berwenang untuk menerbitkan NUPTK adalah Kemendikbud. Sehingga proses pengajuan NUPTK baru akan melalui proses yang melibatkan dua kementerian, tentunya dengan birokrasi yang tidak mudah.
Apalagi kini pengajuan NUPTK di Kemendikbud pun melalui proses dan tahapan yang baru, yang berbeda dengan zamannya Padamu Negeri.

Salam Simpatika

Admin Penmad
 

 

 
Top