Nomor              : P-  2791     Kk.10.10/2/HM.00/IX/2016                                                        September 2016
Sifat                 : Penting
Lampiran           : -
Perihal              : Percepatan Penerbitan KTP-el dan Akta Kelahiran.

Yth.
1.     Kepala Madrasah
2.     Kepala RA
Se- Kab Majalengka

As-salamu’alaikum Wr. Wb.-

Berdasarkan  Surat Edaran Bupati Majalengka Nomor 47414 Tahun 2016 tanggal 23 Agustus 2016 perihal sebagaimana pokok surat diatas, maka dengan ini kami mohon bantuan saudara untuk menginformasikan kepada guru-guru Madrasah dan seluruh orang tua peserta didik hal-hal sebagai berikut :

1.     Seiring dengan semakin tertatanya database kependudukan di seluruh Indonesia, maka dalam pelayanan perekaman, penerbitan dan penggantian KTP-el yang rusak dan tidak merubah elemen data kependudukan, prosedurnya disederhanakan yaitu cukup dengan menunjukan fotocopy Kartu Keluarga tanpa perlu surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan/Desa.
2.     Setiap Kecamatan agar secara proaktif memberikan pelayanan perekaman bagi penduduk desa yang belum mendapatkan KTP-el pada saat perekaman massal, baik penduduk dari wilayah kerja saudara maupun dari wilayah yang berbatasan.
3.     Pelayanan mobil keliling akan melakukan jemput bola untuk perekaman di sekolah, kampus, mall, perusahaan-perusahaan, panti jompo, lembaga pemasyarakatan, desa tertinggal dan/atau daerah perbatasan serta Desa Mandiri Percontohan.
4.     Bagi penduduk yang pada tanggal 1 Mei 2016 sudah berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah dan tidak sedang menetap di luar negeri, wajib melakukan perekaman paling lambat tanggal 30 September 2016, di Kantor Kecamatan masing-masing.
5.     Secara bertahap, semua layanan publik yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka agar dapat menggunakan alat baca KTP-el/Card reader, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.
6.     Untuk percepatan penerbitan Akta Kelahiran mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 dan tidak perlu surat pengantar RT, RW, dan Kelurahan/Desa.
7.     Pelayanan penerbitan Akta Kelahiran bagi bayi yang baru lahir dilaksanakan melalui kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit, sedangkan untuk anak usia sekolah dilaksanakan melalui kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama.
8.     Apabila ada permasalahan dalam pelayanan perekaman dan penerbitan KTP-el dan penerbitan Akta Kelahiran, agar saudara melaporkan melalui SMS ke Layanan Pengaduan Dukcapil Nomor HP. 08909505131248.
    
Demikian edaran  ini disampaikan untuk ditindak lanjuti.           

Was-salamu’alaikum Wr. Wb.-

KEPALA,


            ttd


Dr. H. CECE HIDAYAT, M.Si
NIP. 196803111993031003
Tembusan Yth. :
1.     Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat di Bandung.

2.     Bupati Majalengka

 
Top